Jumat, 10 Desember 2010

bikin lampu emergency

Membuat lampu led emergensir

asalamu’alaikum wr.wb
salam untuk para pengunjung blog ku yang setia,
kami mau berbagi sedikit ilmu pengetahuan saya.yaitu “membuat lampu led emergensi”.karena sekrang ini bayak terjadi mati listrik di malam hari sehingga aku berfikir membuat lampu ini,jadi begitu mati lampu kita tinggal penjet saklar nyala deh lampu emergesi lednya.
sebelumnya juga aku beli lampu emergensi di toko tapi tidak tahan lama
3 jam mati lagi baru di cas,akinya mudah rusak dan rangkain elektronikanya mudah rusak juga tidak tahan panas.nah dari situ aku sempatkan untuk buat sendiri dengan biaya murah kualitas bagus tahan lama tidak pernah rusak.
lampu led ini berfungsi untuk pemadam listrik bergilir atau untuk berkemah dan lainnya.


1 blok emergency Lead
bahan yang dibutuh sangat mudah.
1.lampu led putih sebanyak 50 biji
2.PCB bolong electronik 1 Buah
3.kabel rangkain electronika 1 m warana mera dan 1 m wrna
hitam/secukupnya
4.aki motor 12v/aki emergensi 6 v
5.trafo 1 A 1 buh
6.DIODA 1 A 4 buah
7.colokan listrik 1 buah
8.kabel listrik 1 m
9.tima solder secukupnya
10.solder listrik
11.R tahanan 100 ohm/56 ohm


1 PCB bolong,resistor dan Lead


accu 6V dc
ket.
lampu led ini bisa bertahan sampai 1-2 hari penuh dengan sumber tegangan aki 6 v,jika 12 v bisa lama sekali hehehe,sudah aku praktekan.
jadi klo untuk kemah sangat cocok dan bila habis bisa di cas aki nya.
untuk 1 kamar tidur cukup terang.
keunggulanya lampu led ini (buatan sendiri)tahan lama kalo aki habis tinggal di carger saja.tentunya cargernya sudah dibuat /beli.klo beli bedanya lampu emergensi di tokoan itu mudah rusak dan tidak tahan lama.perbaikan dan perawatanya lampu led ini sangat mudah sekali.
cara pembuatannya.
masukan sederet lampu led ke PCB bolong elctronika dari arah kanan ke kiri di pararel.
nanti dalam 1 pcb bolong ini terdapat 4 deret ,dengan 1 deret 12 lampu led .jika selesai baru kita solder kaki-kaki lampu led tersebut ,kita hubungkan semua kaki positif led dengan kaki pasitif led yang lain,kaki negatif led dangan kaki negatif led lain.sehingga dalam satu deret terdapat satu jalur positif dan 1 jalur negatif.
jalur teganganya untuk positif led di dihubungkan ke pasitif aki,negatif led dihubungkan ke negatif aki,mudah bukan.supaya led aman tidak cepat mati, kaki positif led dihubungkan dulu dengan R 100 ohm terus di hubungkan ke aki positif.
untuk carger/cas, kita buat sendiri cargenya dengan trafo yang sudah ada.
dirumah saya pake lampu led ini dengan sumber tegangan 12 v aki motor,untuk 3 pcb bolong yang sudah dirangakai dengan lampu lednya.
1 untuk kamar tidur,1 untuk teras depan,1 untuk didapu/wc.
dijamin praktis dan awet deh.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.