Senin, 04 Juli 2011

TOLR

  Pengertian TOLR 
  Thermal Over Load Relay  (TOLR) adalah suatu pengaman beban lebih 
menurut PUIL 2000 bagian 5.5.4.1 yaitu proteksi beban lebih (arus lebih) 
dimaksudkan untuk melindungi motor dan perlengkapan kendali motor, terhadap 
pemanasan berlebihan sebagai akibat beban lebih atau sebagai akibat motor tak dapat 
diasut. Beban lebih atau arus lebih pada waktu motor berjalan bila bertahan cukup
lama akan mengakibatkan kerusakan atau pemanasan yang berbahaya pada motor 
tersebut. 
  TOLR memiliki rating yang berbeda-beda tergantung dari kebutuhan biasanya 
tiap-tiap TOLR batas ratingnya dapat diatur.













Gambar 2.11 Konstruksi TOLR 

Cara kerja TOLR 
 TOLR pada prinsipnya terdiri dari 2 buah macam logam yang berbeda tingkat 
pemuaian yang ber beda pula. Kedua logam tersebut dilekatkan menjadi satu yang 
disebut bimetal. Apabila bimetal tersebut dipanasi maka akan membengkak karena 
perbedaan tingkat pemuaian kedua logamnya. Bimetal tersebut diletakan didekat 
sebuah elemen pemanas yang dilalui oleh arus menuju beban ujung yang satu 
dipasang  tetap sedangkan yang lainnya dipasang bebas bergerak dan membengkok 
dan dapat membukakan kontak-kontaknya dengan demikian rangkaian beban atau 
motor akan terputus.  
 Besarnya arus yang diperlukan untuk mengerjakan bimetal sebanding dengan 
besarnya arus yang diperlukan untuk membuat alat pengaman terputus. 
 Di dalam penggunaanya sesuai dengan PUIL 2000 pasal 5.5.4.3 bahwa gawai 
proteksi beban lebih yang digunakan adalah tidak bolehh mempunyai nlai pengenal, 
atau disetel pada nilai yang lebih tinggi dari yang diperlukan untuk mengasut motor 
pada beban penuh. Oleh karena itu, waktu tunda gawai proteksi beban lebih tersebut
tidak boleh lebih lama dari yang diperlukan untuk memungkinkan motor diasut dan 
dipercepat pada beban penuh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.