Rabu, 16 November 2011

efek harmonisa pada motor induksi 1 phasa 220 volt, 1/4 hp, 1400 rpm



Pada sistem energi listrik terdapat gangguan yang menyebabkan
perubahan bentuk gelombang dari suplai listrik yang mulanya berbentuksinusoidal menjadi tidak la gi sinusoidal. Cacat gelombang yang disebabkaninteraksi antara bentuk gelombang yang sinusoidal dengan komponen gelombanglain, dan mempunyai frekuensi kelipatan integer dari komponen gelombangfundamentalnya (50Hz) dapat merusak peralatan yang menggunaka n suplai listrikini. Gangguan jenis ini kita sebut dengan harmonisa.Pengujian efek harmonisa pada motor induksi satu phasa ini mencobauntuk memberikan gambaran tentang harmonisa yang merusak tersebut. Pengujianefek harmonisa ini akan diujikan pada sebuah motor induksi dimana motor yangdigunakan telah didesign untuk bekerja pada frekuensi 50 Hz. Kemudian motortersebut akan diterapkan pada sebuah sumber yang berharmonisa dan besaran dariTHD (Total Harmonic Distortion) dibuat melebihi dari standard yang telahditentukan, yaitu 5%. Cara untuk mengkondisikan efek harmonisa ini adalahdengan mencampurkan frekuensi fundamental 50Hz dengan frekuensi lain yanglebih tinggi (150, 250,?,650 Hz) dan amplitudo harmonisanya lebih kecil dariamplitudo fundamentalnya.Kesimpulan yang didapat, motor yang diberi suplai berharmonisa akanmengalami penurunan efisiensi yang cukup besar. Dimana besar efisiensinyaturun menjadi 10% saja. Sedangkan apabila dikondisikan pada kondisi suplailistrik yang tidak berharmonisa, efisiensi dari motor mampu mencapai 45%.Hal ini sangat kurang baik bagi motor yang diterapkan pada sumberberharmonisa, selain efisiensi dari motor berkurang, lifetime penggunaan motormenjadi lebih pendek. Selain dari pada itu harmonisa membuat motor induks i iniberputar pada putaran yang kurang stabil antara 1400-1480 Rpm, yang padaakhirnya putaran yang tidak stabil ini membuat torsi motor menjadi terganggu.Pada pengujian motor dengan sumber berharmonisa (harmonisa 3,5,?13) dengan THD-tegangan sebesar 5%, 10%, dan 20%, mengindikasikanbanyak kemunculan harmonisa yang ke-3 saat motor dijalankan. Sedangkan padaharmonisa 3 dan 5 dengan THD sebesar 50%, harmonisa yang dicampurkan akantetap dominan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.